Contact
© 2019 Krakatau Posco

article thumb

Innovation Festival 2024: Mengoptimalkan Inovasi Melalui Aktivitas QSS untuk Efisiensi dan Peningkatan Kualitas Produksi

Sejak tahun 2019, KRAKATAU POSCO secara konsisten menjalankan kegiatan inovasi melalui program QSS sebagai bentuk penguatan partisipasi karyawan dalam mengembangkan pola pikir yang dinamis dan berorientasi pada pembaruan. Program QSS ini berfokus pada beberapa aspek utama seperti keselamatan, penguatan fasilitas, kualitas, dan lingkungan, dengan tujuan utama untuk melakukan penghematan biaya (cost saving).

Aktivitas QSS dibagi menjadi dua kegiatan, yaitu QSS Office dan QSS Off Job. Program QSS Office diluncurkan pada tahun 2021 dan telah berjalan sebanyak empat batch. QSS Office dirancang untuk karyawan yang bekerja di sektor perkantoran dengan tujuan utama meningkatkan efisiensi pekerjaan dan mengurangi biaya. Penguatan program ini dilakukan secara menyeluruh melalui pelatihan dan pembimbingan. Program ini tidak hanya membentuk efisiensi dalam pekerjaan, tetapi juga mendorong karyawan untuk mengembangkan inovasi yang bermanfaat bagi perusahaan.

QSS Off Job difokuskan pada peningkatan keselamatan melalui inspeksi keselamatan bersama (Safety Joint Inspection) yang dimulai sejak Batch 7. Dalam program ini, tim keselamatan bekerja sama dengan tim QSS untuk melakukan pengecekan di area kerja yang ditunjuk. Tujuannya adalah meningkatkan fasilitas yang tidak aman menjadi lebih aman, bukan hanya untuk karyawan KRAKATAU POSCO tetapi juga untuk pekerja outsourcing yang bekerja di area tersebut. Area yang telah dilakukan perbaikan akan secara berkala dilakukan diagnosa untuk mempertahankan kondisi agar kualitas perbaikan tetap terjaga fungsi dan performanya.

Untuk memberikan apresiasi terhadap aktivitas QSS yang sudah dilaksanakan, pada tanggal 13 Juni 2024, KRAKATAU POSCO menggelar acara Innovation Festival sebagai penutup sekaligus refleksi terhadap serangkaian kegiatan yang telah dilakukan selama satu semester pertama tahun ini. Acara ini dihadiri oleh Presiden Direktur Mr. Jung Bum-Su, Board of Directors (BOD), dan para kepala departemen yang berlangsung dengan sangat meriah.

Acara inti dari Innovation Festival adalah pemberian penghargaan yang diberikan langsung oleh Presiden Direktur. Penghargaan dibagi menjadi tiga kategori: EKSIS, QSS Office, dan QSS Off Job. Penghargaan EKSIS diberikan kepada tiga karyawan dengan poin tertinggi pada EKSIS 2023. Pertama, M. Maulana Riswandha, EIC Technology yang meraih 182 poin,  kedua, Tiara Ansellya Resty Yolanda, Plate Rolling Technology meraih 180 poin dan yang ketiga, Putri Tiara Sekar Kirani, Cokemaking Technology meraih 89 poin. Penghargaan QSS Office Batch 4 diberikan kepada dua tim yang meraih penghargaan platinum award yang diberikan kepada PRGA Department dan Environment Department. Dan penghargaan yang terakhir yaitu QSS Off Job Batch 9, dengan 3 penghargaan best team diberikan kepada Steel Making Plant, Plate Rolling Plant dan Sinter Plant dan penghargaan tertinggi tahun ini diberikan kepada Blast Furnace Plant yang dinobatkan sebagai Best of The Best Project dalam QSS Innovation Festival 2024. 

Dalam penutupan acara Innovation Festival, Presiden Direktur KRAKATAU POSCO, Jung Bum-Su menyampaikan pesan inspiratif kepada seluruh peserta. Beliau menekankan pentingnya terus berpikir kritis dan mencari solusi inovatif dalam meningkatkan keselamatan, mengurangi kecelakaan dan kerusakan fasilitas, serta menghasilkan produk berkualitas tinggi dengan biaya lebih rendah.

"Jangan puas dengan kenyamanan yang sudah ada dan harus berani merubah kerangka pola berpikir saat ini. Bagaimana kita bisa bekerja lebih aman? Bagaimana kita dapat mengurangi kecelakaan dan kerusakan fasilitas? Mungkinkah menghasilkan produk berkualitas tinggi dengan biaya lebih rendah? Apakah tidak bisa menciptakan tempat kerja yang lebih bersih dan nyaman? Harus selalu berpikir dan berpikir, mencari solusi, dan terus berkembang. Mimpi yang diimpikan sendirian akhirnya hanya menjadi mimpi, namun mimpi yang diimpikan bersama menjadi kenyataan," ujar Jung Bum-Su.

Dengan konsistensi pelaksanaan kegiatan QSS, KRAKATAU POSCO tidak hanya berupaya untuk menghemat biaya tetapi juga meningkatkan kualitas dan keselamatan kerja. Melalui program QSS, perusahaan ini berhasil mendorong partisipasi karyawan dalam menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik dan berkelanjutan. Inovasi dan pembaruan yang terus dilakukan membuktikan komitmen KRAKATAU POSCO untuk menjadi perusahaan yang tidak hanya unggul dalam produksi baja tetapi juga peduli terhadap lingkungan dan kesejahteraan karyawan serta komunitas sekitarnya.