Contact
© 2019 Krakatau Posco

article thumb

Tingkatkan Sinergi Akademisi dalam Eksplorasi Industri Baja, Mahasiswa ITB Lakukan Kunjungan ke KRAKATAU POSCO

Pada tanggal 12 Juni 2024, sebanyak 45 mahasiswa dari Program Studi Teknik Material, Institut Teknologi Bandung (ITB), mengadakan kunjungan industri yang salah satu tujuannya adalah KRAKATAU POSCO. Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas wawasan mahasiswa tentang berbagai jalur karir yang tersedia setelah mereka lulus.

Kunjungan industri ini juga berfungsi sebagai jembatan silaturahmi antara KRAKATAU POSCO dan civitas akademika ITB untuk membuka peluang kerja sama dalam bidang riset, rekrutmen, dan berbagai aspek lainnya. Acara ini dihadiri secara langsung oleh Direktur TBD, Alhadis Syamsuddin, dan Direktur HR & GA, Dicky Mardiana, sebagai perwakilan manajemen. Selain itu, sembilan alumni Teknik Material ITB yang kini bekerja di berbagai tim/plant di KRAKATAU POSCO turut hadir berpartisipasi dalam acara ini.

Sesi acara dimulai dengan sambutan dari dosen pembimbing, Dr. Riza Wirawan, M.T., yang menyampaikan apresiasi kepada KRAKATAU POSCO yang sudah membuka pintu untuk mendukung kegiatan kunjungan industri dan juga memberikan komplimen dengan kepekaan KRAKATAU POSCO terhadap kepedulian lingkungan melalui program 3S waste separation.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian penerimaan dari perwakilan manajemen yang disampaikan oleh Direktur HR & GA, Dicky Mardiana yang menjelaskan bahwa KRAKATAU POSCO sebagai pabrik baja terintegrasi di Indonesia, memiliki potensi besar bagi lulusan Teknik Material untuk mengembangkan kemampuan profesi di bidang ilmu logam. Selain itu, Dicky Mardiana juga menyampaikan bahwa lokasi KRAKATAU POSCO di Cilegon sangat strategis, karena didukung oleh berbagai fasilitas penunjang yang memadai, sehingga baik untuk membangun karir jangka panjang maupun untuk kehidupan berkeluarga.

Alhadis Syamsuddin juga menambahkan, kunjungan ini diharapkan bisa menjadi pengalaman yang berkesan dan juga dapat memotivasi sehingga nantinya mahasiswa Teknik Material ITB menjadi lebih tertarik untuk berkarir di KRAKATAU POSCO di masa yang akan datang.

Setelah sambutan dari pihak manajemen, acara dilanjutkan dengan perkenalan alumni yang bekerja di KRAKATAU POSCO yang menjelaskan tentang profil perusahaan beserta peran dan tanggung jawabnya di perusahaan. Setelah itu, perwakilan alumni menjelaskan proses produksi di KRAKATAU POSCO, mulai dari Ironmaking, Steelmaking, Hot Rolling, hingga penjelasan mengenai produk KRAKATAU POSCO itu sendiri. Sesi tanya jawab yang berlangsung di sela-sela presentasi juga diikuti dengan antusias oleh para mahasiswa. Setiap pemateri berhasil memberikan gambaran tentang keterkaitan ilmu yang dipelajari di kampus dengan pekerjaan yang mereka lakukan saat ini. Setelah penjelasan dari alumni, para mahasiswa melanjutkan kegiatan dengan plant tour ke pabrik KRAKATAU POSCO.