Career | Contact
© 2019 Krakatau Posco

article thumb

QSS Off Job Improvement Leader Batch 2 Awarding

Pada hari Senin, 8 Juni 2020 telah terselenggara kegiatan pemberian apresiasi kepada 6 orang perwakilan QSS Off Job Improvement Leader Batch 2 KRAKATAU POSCO oleh Direktur Produksi, Lee Sang-Ho. QSS Off Job Improvement Leader merupakan program yang telah dilaksanakan di Perusahaan sejak tahun 2019 yang berfokus untuk melakukan proyek improvement selama 6 bulan. Di Batch 2 ini, total peserta sebanyak 60 orang dari 7 Departemen yang terpilih. Proyek improvement yang dilaksanakan merupakan salah satu bentuk perwujudan satu dari tiga core value Perusahaan yaitu improvement agar Perusahaan dapat terus berkembang menjadi lebih baik.
QSS Off Job Improvement Leader Batch 2 dilaksanakan selama 6 bulan, yang telah dimulai sejak 10 Desember 2019. Selama rentang waktu tersebut, seluruh Improvement Leader mendapatkan pembekalan berupa training dasar tentang metodologi QSS, ditambah dengan training skill tambahan seperti contohnya welding, corrotion, dan welding inspection sebagai bekal bagi mereka yang berpartisipasi dalam mengerjakan proyek improvement. Selain itu, mentoring juga terus dilakukan oleh Plant Manager/ Team Leader, Department Head dan juga QSS Consultant untuk terus memonitor jalannya proyek. Namun, karena adanya pandemi COVID-19 saat ini, mentoring dengan QSS Consultant dilakukan dengan metode yang belum pernah dilakukan sebelumnya yakni secara daring melalui video conference. Direktur juga melakukan monitoring proyek dengan melaksanakan encouragement ke semua plant QSS secara bergantian untuk dapat terus memberi masukan dan motivasi kepada seluruh QSS Improvement Leader.
Meski begitu, akhir periode QSS Off Job Improvement Leader Batch 2 ini dijalankan sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya di Batch 1. Akibat pandemi yang disebabkan oleh Coronavirus ini, acara Innovation Festival, ajang final penjurian untuk memilih pemenang, tidak dapat diselenggarakan. Oleh sebab itu, penilaian untuk Batch 2 dilakukan melalui hasil laporan akhir proyek dan juga hasil kunjungan selama encouragement oleh Jajaran Direksi KRAKATAU POSCO. Terdapat 4 Evaluator untuk kegiatan ini, yaitu Team Leader of Innovation Team, Irawan Palgunadi, Department Head of Facility Technology, Lee Jong-Hoon, Deputi Direktur Produksi, Widi Hastawa dan Direktur Produksi, Lee Sang-Ho. Dari penilaian yang telah dilakukan, terpilih 1 tim penerima President Award, 3 tim penerima Director Award dan 7 tim penerima Department Head Award.
Apresiasi terhadap kegiatan di Batch 2 ini dilaksanakan pada saat Department Head Meeting kepada perwakilan 1 tim penerima President Award dari Energy Department, perwakilan 3 tim penerima Director Award dari Raw Material Handling Plant, Testing & Inspection Team dan Coke Plant juga perwakilan 2 tim sebagai penerima sertifikat dan pin penghargaan dari Steelmaking Plant dan Plate Rolling Plant.
Innovation Team berharap dengan kegiatan improvement seperti yang telah dilakukan di Perusahaan, hal ini dapat memberikan dampak positif terhadap lini produksi dan juga kegiatan improvement dapat terus berlangsung sebagai salah satu upaya Perusahaan dalam menghadapi krisis.