Contact
© 2019 Krakatau Posco

article thumb
article-image-1
article-image-2

Pertama di Indonesia! KRAKATAU POSCO Luncurkan Kelas Teknologi Industri Baja

KRAKATAU POSCO telah meluncurkan kelas Teknologi Industri Baja yang pertama di Indonesia, yang secara resmi dibuka pada Kamis, 26 Juli 2024 di Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMTI) Yogyakarta, dan dilanjutkan pada Selasa, 20 Agustus 2024 di Politeknik Industri Petrokimia Banten (PIPB). SMTI dan Politeknik tersebut merupakan binaan dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang berada dibawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI).

Kelas Teknologi Industri Baja ini merupakan inisiatif strategis yang bertujuan untuk mengisi kebutuhan tenaga ahli di bidang teknologi baja, termasuk dalam penguasaan proses produksi, penggunaan teknologi canggih, dan pengembangan inovasi di sektor industri. Sejalan dengan agenda nasional untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi dan memperkuat daya saing industri program inovatif ini dirancang sebagai upaya mempersiapkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi tinggi dan siap bersaing dalam industri baja yang terus berkembang yang mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Perindustrian.

“Peluncuran kelas Teknologi Industri Baja ini merupakan bagian dari komitmen KRAKATAU POSCO untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia di Indonesia, khususnya di sektor industri baja. Melalui program ini, kami berharap dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki pengetahuan teknis, tetapi juga mampu berinovasi dan berkontribusi langsung terhadap pertumbuhan industri,” ungkap Jung Bum-Su, Presiden Direktur KRAKATAU POSCO.

Sebagai perusahaan yang berdiri di Kota Cilegon, KRAKATAU POSCO tentunya mengoptimalkan kontribusi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kota Cilegon agar memiliki daya saing tinggi sehingga siap mengambil peran di dunia industri. Mewakili pemerintah Kota Cilegon, H.Humaedi selaku Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Cilegon menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada KRAKATAU POSCO yang telah berkolaborasi dan teguh bersinergi bersama Kementerian Perindustrian untuk memperkuat sistem pendidikan di Politeknik Industri Petrokimia Banten, “KRAKATAU POSCO sebagai industri baja yang tumbuh di Kota Cilegon sudah memberikan sumbangsih yang begitu besar untuk masyarakat Kota Cilegon. Melalui program yang luar biasa dengan peluang beasiswa penuh yang diberikan, kami mewakili pemerintah Kota Cilegon menyampaikan apresiasi dan harapan semoga generasi muda Kota Cilegon dapat bersaing dan turut andil dalam kemajuan industri baja Indonesia,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Direktur Politeknik Petrokimia Banten, Supardi menambahkan, “Kerja sama dengan KRAKATAU POSCO ini merupakan langkah penting bagi kami dalam memperkuat program pendidikan vokasi yang kami miliki. Kelas Teknologi Industri Baja ini tidak hanya memperkaya kurikulum kami, tetapi juga memberikan peluang besar bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan yang sangat dibutuhkan oleh industri”, ujarnya.

Politeknik Industri Petrokimia Banten (PIPB) akan memulai kelas teknologi industri baja pada bulan Agustus ini. Kelas teknologi industri baja ini dilengkapi dengan fasilitas pendidikan dan laboratorium berstandar industri yang dapat mendukung pembelajaran kelas teknologi industri baja secara optimal. Supardi menjelaskan bahwa siswa yang terpilih akan mendapatkan pelatihan intensif, termasuk modul khusus yang dikembangkan oleh para ahli dari KRAKATAU POSCO, serta kesempatan magang langsung di pabrik baja KRAKATAU POSCO yang akan memberikan pengalaman praktis kepada para siswa sebelum terjun ke dunia kerja.