Contact
© 2019 Krakatau Posco

article thumb

KRAKATAU POSCO Membentuk SDM Andal di Industri Baja melalui Compliance Training

Sebagai The Most Competitive Integrated Steel Mill di Indonesia, KRAKATAU POSCO terus menunjukkan komitmennya terhadap kepatuhan dan keberlanjutan. Salah satu wujud komitmen tersebut adalah Compliance Training yang diselenggarakan oleh Training Team. Compliance Training ini diikuti oleh karyawan KRAKATAU POSCO untuk meningkatkan keahlian dan spesialisasi di bidang tertentu yang berkaitan dengan pekerjaannya serta untuk memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh stakeholder (customer, pemerintah, dan pihak lainnya) baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Compliance Training dibagi menjadi dua kategori, yaitu Sertifikasi dan Resertifikasi. Secara definisi, Sertifikasi merupakan sebuah pengakuan resmi atau dokumen yang menyatakan bahwa seseorang telah memenuhi standar kompetensi tertentu dalam suatu bidang. Proses Sertifikasi melibatkan serangkaian pelatihan dan ujian atau penilaian kompetensi. Apabila dinyatakan lulus dan memenuhi standar penilaian, maka karyawan akan mendapatkan Sertifikat atau Lisensi dengan masa berlaku tertentu, sesuai dengan jenis sertifikasinya.

Sementara Resertifikasi adalah proses untuk memperpanjang masa berlaku Sertifikat atau Lisensi yang sebelumnya telah diperoleh dengan tujuan untuk memastikan bahwa karyawan terkait tetap memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan. Resertifikasi umumnya hanya merupakan proses administratif, namun di beberapa jenis sertifikasi, pelatihan tetap diperlukan saat resertifikasi. Beberapa lembaga nasional yang berwenang memberikan sertifikasi untuk tenaga kerja adalah Kementerian Ketenagakerjaan (KEMNAKER) yang diwakili oleh Perusahaan Jasa Kesehatan dan Keselamatan Kerja (PJK3) dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang diwakili oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Selain itu, terdapat juga lembaga lain yang berwenang untuk mengeluarkan sertifikasi di bidang kompetensi tertentu.

Sejak awal tahun 2024, Training Team telah menyelenggarakan berbagai Compliance Training untuk lebih dari 300 karyawan dengan bidang pekerjaan yang beragam, beberapa di antaranya:

  1. Kesehatan dan Keselamatan Kerja: Operator Overhead Crane, Operator Forklift, Rigger, Regu Pemadam Kebakaran, dan Tenaga Kerja Bangunan Tinggi.
  2. Manajemen Risiko dan Kualitas: Lead Auditor IATF 16949:2016, Internal Auditor Officer, Energy Auditor, dan Qualified Risk Management.
  3. Pengelolaan Lingkungan: Penanggung Jawab Operasional Pengelolaan Air Limbah, Pencemaran Udara, dan Limbah B3.
  4. Keahlian Produksi: Magnetic Particle and Liquid Penetrant Non Destructive Test (MT/PT NDT), Ultrasonic Testing, Refractory API 936, dan Vibration Analyst.

    Serta masih banyak lagi. Targetnya, hingga akhir tahun ini, lebih dari 700 karyawan bisa mendapatkan pelatihan serupa. 

    Compliance Training merupakan aspek penting dalam pengembangan sumber daya manusia yang sejalan dengan prinsip ESG (Environment, Social, dan Governance) yang diterapkan oleh KRAKATAU POSCO, untuk memastikan karyawan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan operasional perusahaan sesuai dengan standar kompetensi yang berlaku, serta memperkuat kredibilitas karyawan. Dengan demikian, KRAKATAU POSCO dapat menjaga integritas perusahaan, memberikan kualitas layanan dan produk terbaik bagi customer, dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.