Contact
© 2019 Krakatau Posco

article thumb
article-image-1
article-image-2

KRAKATAU POSCO lakukan Kegiatan Sosial sebagai Bentuk Kepedulian Terhadap Lingkungan dan Kemanusiaan

Dalam rangka hari Armada ke-78, Pangkalan TNI AL bersama dengan KRAKATAU POSCO dan komunitas lainnya melaksanakan Program Ke Laut Bersih (PRO KELASI) dengan tema “Armada RI membangun Kekuatan Laut Nusantara Menuju Indonesia Maju” yang dilaksanakan pada tanggal 16 November 2023 bertempat di Merak Beach Hotel. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dengan membersihkan Pantai Merak yang memiliki tumpukan sampah yang cukup banyak, sehingga mengganggu keindahan dari pantai tersebut. Kegiatan ini diikuti oleh 100 personil dari Lanal Banten, 15 personil Jalasenastri, 10 personil DLH Cilegon, 5 personil BPBD Cilegon, 23 personil perwakilan KRAKATAU POSCO dan masih banyak lagi.

Rangkaian kegiatan lainnya juga dilaksanakan sebagai bentuk aksi sosial Krakatau Posco dalam dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November. Rangkaian kegiatan yang dilakukan berupa pembersihan Taman Geger Cilegon dan donor darah. Kegiatan donor darah dilaksanakan pada, Selasa 21 November 2023 bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah PMI Kota Cilegon, berhasil mengumpulkan 108 labu darah, dalam pelaksanaannya. Lalu dilanjutkan dengan kegiatan pembersihan di Taman Geger Cilegon dan Taman Layak Anak yang berada tepat di pusat Kota Cilegon pada hari Kamis dan Jumat, tanggal 23 dan 24 November 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh 51 karyawan yang melakukan kegiatan pembersihan Taman Geger Cilegon dan 42 Karyawan melakukan pembersihan Taman Layak Anak. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan rasa nyaman pada pengunjung taman, khususnya anak-anak, sehingga mereka dapat menikmati suasana di area taman dengan nyaman. Aktivitas ini merupakan bentuk kolaborasi antara Perusahaan dengan KODIM 0623 Cilegon dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Cilegon.

Aktivitas ini tentu tidak hanya kegiatan bersih-bersih sampah semata, namun lebih jauh sebagai upaya untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya merawat dan menjaga fasilitas publik. Taman yang terawat dan bersih tentu menjadi dambaan semua pihak, dan dapat terwujud jika semua stakholders saling bahu membahu. Pengunjung tidak membuang sampah sembaragan dan menggunakan fasilitas taman secara bertanggung jawab serta pemerintah memastikan perawatan rutin berjalan baik. KRAKATAU POSCO sebagai masyarakat industri hadir memberikan warna baru dalam menghidupkan taman agar menjadi sarana untuk bercengkerama, beraktivitas, berolahraga, dan ekpresi kreativitas sehingga taman tidak hanya menjadi sebuah simbol kota semata.

Dengan hadirnya taman-taman kota menjadikan sarana rekreasi tersendiri bagi masyarakat untuk mencari hiburan, melepas penat, berolahraga, ataupun hanya sekedar bersenda gurau. Sayangnya sarana tersebut kerap kali tidak diimbangi dengan keberlanjutan perawatannya. Tidak sedikit taman yang semula digandrungi, lambat laun mulai ditinggalkan karena banyak kerusakan, kotor, tidak terawat, dan menjadi kumuh. Hal ini tidak terlepas dari masih minimnya kesadaran untuk bersama-sama menjaga dan merawat, tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, namun seluruh stakeholders terkait, termasuk pengunjung.

Keindahan kota akan semakin terlihat dengan taman yang indah, bersih, unik, dan terawat. Menjadi sebuah ikon dalam menciptakan ruang publik, tempat dimana interaksi antar masyarakat dapat terbentuk, harmonisasi menjadi bertumbuh, dan lingkungan yang asri menjadi kebutuhan bersama. Saat ini taman kota telah menjadi ikon bagi setiap wilayah, dengan menampilkan ciri khas masing-masing. Hal ini tentunya patut disyukuri, sebab taman saat ini menjadi fasilitas yang dapat dinikmati publik.

KRAKATAU POSCO memiliki peran aktif dan selalu siap bersinergi bersama dengan masyarakat dan instansi terkait dalam kegiatan perawatan lingkungan untuk mewujudkan lingkungan yang lebih bersih dan juga sebagai bentuk kemanusiaan dengan mendonorkan darah.