Contact
© 2019 Krakatau Posco

article thumb

Krakatau Posco dan Universitas Indonesia Perkuat Kolaborasi Edukasi Baja Bagi Para Engineer Muda di Masa Mendatang Melalui Edusteel

Dalam rangka melanjutkan rangkaian kegiatan Edusteel atau perkenalan baja sebagai konstruksi yang kokoh kepada para ahli/engineer konstruksi Indonesia di masa depan, KRAKATAU POSCO bersama dengan Universitas Indonesia melakukan berbagai rangkaian kegiatan yang lebih luas tidak hanya memberikan edukasi berupa seminar, namun KRAKATAU POSCO juga memperluas perannya dalam memberikan mata kuliah tambahan dan juga kunjungan secara langsung mahasiswa/i Universitas Indonesia untuk melihat proses produksi yang dimiliki oleh pabrik baja terpadu KARAKATAU POSCO.

Tujuan diadakannya kegiatan ini, selain untuk memberikan edukasi terkait manfaat menggunakan baja sebagai material konstruksi bangunan dan jembatan pada khususnya, adalah juga sebagai langkah awal memperkuat jaringan Perusahaan dengan rantai pasok terkait industri konstruksi di Indonesia. Seminar ini juga diadakan untuk mendorong penemuan produk baru melalui kerja sama dengan universitas, mengekspos merek produk baja kepada pakar konstruksi baik lokal maupun internasional.

Pemberian mata kuliah tambahan dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2023 yang membahas mengenai penggunaan material baja dalam konstruksi untuk masa kini dan juga untuk di masa yang akan datang dibawakan oleh Muhammad Firdaus, Technical Solution Team KRAKATAU POSCO. Dilanjutkan dengan kunjungan Universitas Indonesia pada tanggal 26 Oktober 2023 yang disambut secara langsung oleh direktur Technology & Business Development KRAKATAU POSCO, Makmun bertempat di Aditorium HQ KRAKATAU POSCO.

Kegiatan kunjungan diisi dengan pemberian materi mengenai proses produksi yang berjalan di KRAKATAU POSCO disampaikan oleh Marshall Christian Sianturi, Quality Control Team dan materi mengenai pengolahan limbah KRAKATAU POSCO disampaikan oleh Xavier Adli, Resource Recyling Team.

KRAKATAU POSCO terus memperluas jaringan kerja sama dengan institusi pendidikan sebagai langkah awal yang dilakukan KRAKATAU POSCO untuk memperkuat jaringan terkait dengan Supply Chain industri konstruksi, meningkatkan kesadaran penggunaan baja untuk ahli / insinyur konstruksi masa depan Indonesia, mendorong penemuan produk baru melalui kolaborasi dengan universitas dan sebagai upaya mengekspos produk baja kepada para ahli konstruksi baik lokal maupun internasional.

Hadir menyambut secara langsung Makmun selaku Direktur Technology & Business Development, memberikan sambutannya di awal acara. Dalam sambutannya Makmun menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungannya dan menyampaikan harapannya agar KRAKATAU POSCO agar mendorong kolaborasi ini untuk terus ditingkatkan khususnya antara Universitas Indonesia dengan KRAKATAU POSCO untuk lebih intens di masa depan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga Universitas Indonesia yang telah pekenan hadir lansung mengunjungi kami disini. Kolaborasi ini tercipta karena salah satu faktor rendahnya konsumsi baja di Indonesia disebabkan oleh rendahnya penggunaan baja pada sektor konstruksi atau pembangunan infrastruktur. Hal ini merupakan tantangan bagi industri baja untuk lebih mengenalkan produk baja di bidang konstruksi. Kegiatan Edusteel ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru terutama para calon insinyur teknik sipil mengenai produk baja dan aplikasinya pada industri konstruksi sehingga dapat memberikan banyak ide dan inovasi pada industri konstruksi baja guna berkontribusi aktif bagi pembangunan nasional. Harapan kami dengan terjalinnya kolaborasi ini, kita akan melahirkan insinyur-insinyur terbaik di masa mendatang ,” Ungkap Makmun.