Contact
© 2019 Krakatau Posco

article thumb

Corporate Citizenship PTKP Luncurkan Program Kelas Bahasa Korea Bagi Masyarakat Cilego

PT KRAKATAU POSCO melalui program Corporate Citizenship membuka kelas khusus bahasa Korea bagi pemuda pemudi Cilegon, bertempat di Graha POSCO Community Learning Center (CLC), Kelurahan Kubangsari, Kota Cilegon pada 7 September 2023. Pembukaan program ini ditandai dengan seremoni pembukaan tirai papan nama lembaga bahasa Korea, K-Dream yang dihadiri oleh Presiden Direktur PTKP Kim Kwang Moo, Direktur Produksi PTKP Lee Sang Ho, Direktur HR&GA PTKP Dicky Mardiana, Camat Ciwandan Agus Ariyadi, Perwakilan dari disnaker Kota Cilegon Hidayatullah, dan Perwakilan dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Provinsi Banten Dharma Satria.

Dalam pelaksanaannya, kelas K-Dream bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja Kota Cilegon dan Kecamatan Ciwandan. Pada tahap pertama, K-Dream diikuti oleh 20 orang siswa yang terdiri dari masyarakat sekitar, angkatan kerja dan calon kandidat tenaga kerja migran yang direkomendasikan Disnaker Cilegon.

Para siswa yang tergabung dalam kelas K-Dream ini akan mendapatkan pelajaran bahasa dan budaya Korea selama kurang lebih 13 bulan dengan dua kali pertemuan dalam seminggu dengan tenaga pengajar yang merupakan para interpreter bahasa Korea yang bekerja di PTKP. Para siswa ini akan mendapatkan fasilitas ruang belajar, dan sertifikasi bahasa Korea atau Test of Proficeincy of Korean (TOPIK). Targetnya, para siswa dapat lolos sertifikasi TOPIK 4, sehingga akan mahir dan mudah dalam kebutuhan bekerja di masa depan.

Kim Kwang Moo dalam sambutannya menyampaikan bahwa kelas bahasa Korea ini merupakan salah satu kegiatan Corporate Citizenship yang merupakan nilai dasar perusahaan bagi menjalankan bisnis untuk bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Para pengajar dan pengelola program ini adalah karyawan PTKP yang meluangkan waktu nya berbagi ilmu dan pengalaman bagi warga sekitar. Melalui program Corporate Citizenship juga, PTKP dapat terus berkolaborasi membangun Cilegon yang kondusif. Dengan program peningkatan kualitas SDM melalui program Corporate Citizenship seperti K-Dream ini.

“Kelas Bahasa Korea ini akan membantu mewujudkan mimpi para anak-anak kota Cilegon agar meraih cita-cita yang tinggi. Bersama dengan K-Dream para siswa diharapkan mampu berbahasa dan memiliki pengetahuan Korea dengan baik sehingga akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bekerja di perusahaan Korea seiring dengan maraknya investasi asal Korea di kawasan industri,” ungkap Kim Kwang Moo.
Mewakili Pemerintah Kota Cilegon, Camat Ciwandan Agus Ariyadi menyatakan apresiasi dan ucapan terima kasih yang besar kepada KRAKATAU POSCO. Pihaknya sangat antusias menyambut program ini karena sangat bermanfaat bagi pembekalan keahlian bahasa Korea bagi angkatan kerja warga Cilegon, terutama dalam menyambut investasi menuju klaster 10 juta ton baja di Cilegon.

“Investasi ini akan membuka peluang kesempatan bekerja dan kesempatan berusaha yang lebih besar. Dengan kualitas SDM yang makin meningkat ini, warga dapat tumbuh bersama secara harmonis menikmati multiplier effect invesasi ini tanpa harus semua bekerja di pabrik atau industri. Peningkatan kapasitas industri akan meningkatkan peluang lain seperti kebutuhan pendukung lainnya seperti properti dan kebutuhan pangan. Peluang ini tentu harus diambil olah warga sekitar,” ungkap Agus.