Career | Contact
© 2019 Krakatau Posco

article thumb

DITENGAH PANDEMI, KRAKATAU POSCO BERUSAHA TERUS MENJALANKAN OPERASI PRODUKSI SECARA NORMAL

Di tengah krisis yang ekstrem, menghentikan operasi sementara menjadi pilihan bagi banyak Perusahaan manufaktur untuk bertahan. Pilihan ini untuk menghindari “kebocoran anggaran” yang tidak dapat ditutup imbang dengan pendapatan penjualan. Biaya operasi perusahaan dengan protokol kesehatan sangat tinggi sementara serapan pasar sudah sangat melemah, Himpitan krisis pandemi COVID-19 ini sangat berat, lantas mengapa KRAKATAU POSCO masih terus berupaya maksimal untuk tetap terus beroperasi di tengah krisis ini?

Menjalankan Misi untuk Berkontribusi pada Perekonomian Nasional
Industri baja memiliki peran substansial bagi perekonomian nasional. Output yang dihasilkan dapat menjadi pemicu dan penggerak aktivitas ekonomi di sektor lainnya. Selain itu, dalam mengoperasikan pabrik, input dari pemasok yang dapat menyediakan bahan kebutuhan juga mendorong terbukanya lapangan kerja di berbagai sektor. Termasuk di antaranya dari sisi penggunaan produk seperti transportasi dan konstruksi ataupun dari sisi input bahan seperti pertambangan dan energi. Dapat dipastikan, industri besi dan baja berperan penting sebagai lokomotif pertumbuhan perekonomian.


Menjaga Operasi agar tidak Berhenti demi Keberlangsungan Manfaat Bersama

KRAKATAU POSCO memiliki proses produksi yang terintegrasi, mulai dari mengkonversi bijih besi menjadi besi cair di Blast Furnace sampai menghasilkan Slab dan Pelat baja yang siap dikirim ke konsumen. Aktivitas-aktivitas tersebut berjalan terus menerus selama 24 jam dalam 7 hari sepanjang tahun pada sebuah “continuous process”. Terhentinya mata rantai proses tersebut dapat berujung pada masalah bagi tidak bekerjanya ribuan karyawan KP dan perusahaan pendukung. Tentu ini berpengaruh bagi perekonomian baik mikro maupun makro, serta memperburuk kondisi krisis akibat pandemi yang saat ini tengah terjadi. Atas dasar untuk mendapatkan manfaat bersama dan untuk meminimalkan dampak negatif dari sisi teknis dan ekonomi, KRAKATAU POSCO terus berusaha untuk menjaga berlangsungnya produksi yang aman, stabil dengan tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan karyawan.

 

Berperan dalam Menjaga Stabilitas Sosial di Lingkungan Sekitar
Dampak ekonomi dari industri baja tidak terbatas pada lapangan kerja dan penghidupan sebagai hasil dari pendapatan, akan tetapi juga pada dorongan sosial yang ditimbulkan pada lingkungan sekitar. Secara sederhana dapat diilustrasikan bahwa pembelanjaan pendapatan karyawan di industri baja maupun industri yang berada pada rantai pasoknya, termasuk perusahaan-perusahaan pendukung, akan memberikan dampak ekonomi yang lebih luas. Bersama puluhan perusahaan pendukung yang bergerak dalam bidang perawatan dan perbengkelan pabrik, pengelolaan bahan baku dan produk jadi, pelabuhan, pembangkit listrik, pemasok air industri, logistik, transportasi, IT, kesehatan, bahkan kegiatan usaha masyarakat sekitar seperti pasar tradisional, warung, rumah kost, KRAKATAU POSCO menyerap tenaga kerja yang besar dengan menciptakan lebih dari 5.000 lapangan pekerjaan. Dengan daya beli yang dimiliki, karyawan KRAKATAU POSCO dan karyawan perusahaan pendukung dapat terus melakukan transaksi pembelian produk dan jasa dari sektor pangan, perumahan, pendidikan, kesehatan, transportasi, dan bidang lainnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sehingga, dalam situasi yang sulit ini, stabilitas sosial yang ditopang oleh berlangsungnya aktivitas jual-beli tersebut dapat tetap terjaga. Tak hanya itu saja, terhentinya bisnis dapat mempengaruhi kontribusi langsung Perusahaan bagi masyarakat khususnya dalam menjalanakan perannya di bidang sosial dan kemasyarakatan.

 

Kehadiran dan keberadaan KRAKATAU POSCO, khususnya di tengah badai pandemi ini, memiliki arti penting yang berbeda, ribuan bahkan puluhan ribu penghidupan ditopang oleh Blast Furnace yang terus menyala. Oleh karena itu, KRAKATAU POSCO terus memberikan upaya terbaiknya untuk memastikan manfaat dan kebaikan bersama.

 

Bagi KRAKATAU POSCO, kesehatan dan keselamatan karyawan adalah prioritas utama. Dalam menjalankan operasi di tengah pandemi COVID-19, KRAKATAU POSCO dengan sigap melakukan tindakan-tindakan pencegahan yang ketat baik untuk karyawan maupun keluarga melalui kebijakan dan protokol yang diterapkan. Hal ini perlu didukung seluruh lapisan karyawan PTKP dan Karyawan Pendukung, bahkan keluarga serta masyarakat sekitar. Perusahaan tidak dapat bekerja sendiri, karyawan setiap hari akan kembali ke lingkungan dan hidup bersama masyarakat, maka kesadaran warga masyarakat sekitar dan upaya Pemerintah bersama sama mencegah pandemi sangat berpengaruh bagi kelangsungan upaya ini. Keberhasilan warga dan karyawan dalam menghadapi pandemi adalah keberhasilan bersama menjaga roda perekonomian terus bergerak.

Dengan semangat memberi manfaat bagi bangsa dan masyarakat, pilihan terus beroperasi dengan terus mendisiplinkan diri melawan pandemi dengan protokol kesehatan, melindungi diri dan keluarga dan warga sekitar demi Indonesia adalah langkah yang perlu dipertahankan