Contact
© 2019 Krakatau Posco

article thumb

Menciptakan Masa Depan Industri 4.0 di Indonesia

Krakatau Posco, terpilih menjadi salah satu industri yang dilibatkan untuk dapat dijadikan benchmark penerapan Industry 4.0 di Indonesia. Pada Selasa, 18 September 2023 Kementerian Perindustrian Republik Indonesia yang diwakili oleh tim verifikasi dari BSKJI (Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri) Bambang Riznanto, Catur Basuki R, Ananto Dwi Nugroho, Syarief Hidayat dan tim dari Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) M. Aslam Zikrillah, Afifah Millatina, Yudha Permana, dan Rico Evandi Harsandi mengunjungi KRAKATAU POSCO dalam rangka meninjau kesiapan perusahaan menuju transformasi industri 4.0.

Kegiatan ini dilaksanakan selaras dengan tujuan dari Pemerintah Indonesia yang saat ini memberikan perhatian besar terhadap pemanfaatan perkembangan teknologi dalam meningkatkan daya saing bagi pelaku industri di Indonesia. Revolusi Industri ke-empat, atau sering disebut dengan Industri 4.0, adalah sebuah revolusi industri dalam lanskap dunia industri secara global dan masif dengan pemanfaatan cyber-physical systems untuk memperbaiki kualitas produk, meningkatkan produktivitas dan mengefisiensikan proses produksi. Making Indonesia 4.0 adalah salah satu program pemerintah untuk melakukan alignment Indonesia dalam menerapkan Industri 4.0, dan dalam satu program kerjanya, Kementerian Perindustrian mengukur kesiapan dan penerapan Industri 4.0 di industry Indonesia Indonesia melalui Indonesia Industry 4.0 Readiness Index atau INDI 4.0.

Makmun selaku Direktur Technology & Business Development Division membuka acara Verifikasi INDI 4.0 dengan menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan karena Krakatau Posco dapat mengikuti verifikasi INDI 4.0. Sambutan ini diterima dengan baik oleh perwakilan tim verifikasi dari BSKJI, Bambang Riznanto, dalam kesempatannya menyampaikan bagaimana Krakatau Posco bisa terpilih menjadi salah satu perusahaan yang dinominasikan untuk verifikasi INDI 4.0.

“Dalam perjalanannya, KRAKATAU POSCO telah mengimplementasikan berbagai solusi dan teknologi canggih dengan membuktikan efektivitasnya dalam meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas produk. Pada tahun 2021, KRAKATAU POSCO telah berhasil mendapatkan penghargaan dari Kementerian Perindustrian Indonesia sebagai apresiasi dalam acara INDI 4.0 Award dan pada tahun 2023 ini kami sampaikan rasa terima kasih yang sebesar besarnya karena telah memberikan KRAKATAU POSCO kesempatan kembali untuk menjadi salah satu perusahaan yang masuk kedalam nominasi untuk mengikuti verifikasi INDI 4.0”, ujar Makmun.

Tim Krakatau Posco yang terdiri dari lebih dari 20 karyawan dari berbagai unit memberikan paparan mengenai 5 pilar utama yang menjadi ukuran kesiapan INDI 4.0, yakni Manajemen dan Organisasi, Orang dan Budaya, Produk dan Layanan, Teknologi, serta Operasi Pabrik. Didampingi oleh M Helmi Nur Widiyarto selaku Department Head of Business Planning and Development, menjelaskan bagaimana setiap aspek ini telah diperkuat dan ditingkatkan secara signifikan guna menghadapi perubahan besar yang dituntut oleh Industri 4.0.

Selama kunjungan tersebut, tim verifikasi juga berkesempatan untuk mengamati secara langsung bagaimana KRAKATAU POSCO mengelola Utility Control Center (UCC) dan kunjungan secara langsung smart factory Blast Furnace milik perusahaan ini. Apresiasi se tinggi-tingginya diberikan oleh tim verifikasi kepada KRAKATAU POSCO atas upaya kerasnya dalam menerapkan teknologi canggih dalam setiap operasionalnya.