Contact
© 2019 Krakatau Posco

article thumb

KRAKATAU POSCO Tingkatkan Pengembangan Kompetisi SDM di Cilegon Melalui Industri Mengajar

Sebagai bentuk sinergi dan juga kolaborasi yang dilaksanakan oleh KRAKATAU POSCO dengan pemerintah dalam mempersiapkan SDM Kota Cilegon yang lebih matang dalam dunia kerja, pada Kamis, 1 Agustus 2024 bertempat di Aula Disnaker Kota Cilegon telah dilaksanakan Penyuluhan Bimbingan Jabatan Bagi para Pencari Kerja Kota Cilegon, yang dihadiri secara langsung oleh Panca N. Widodo selaku Kepala Disnaker Kota Cilegon, Hidayatullah selaku Kabid Penta Disnaker Kota Cilegon, dan Andri selaku Department Head Human Resource KRAKATAU POSCO juga sebagai pembicara dalam kegiatan ini serta diikuti oleh masyarakat dari seluruh kecamatan yang berada di Kota Cilegon.

Kegiatan ini sebagai bentuk kesadaran dan kepedulian KRAKATAU POSCO terhadap masyarakat Kota Cilegon untuk meningkatkan kompetensi dan juga wawasan yang lebih luas bagi masyarakat dalam mempersiapkan diri bersaing dan masuk dalam dunia kerja. Tak hanya memberikan penyuluhan bagi masyarakat, KRAKATAU POSCO juga memberikan Golden Ticket kepada masyarakat yang mendapatkan skor diatas rata-rata saat mengikuti tes psikotes dalam kegiatan ini. Golden Ticket merupakan bentuk apresiasi kepada masyarakat yang nantinya jika mengikuti proses rekrutmen KRAKATAU POSCO akan langsung melewati proses registrasi dan masuk ke dalam proses tahap II.

Tak hanya itu, bentuk kontribusi dan kolaborasi yang telah dilakukan oleh KRAKATAU POSCO dalam peningkatan kompetensi SDM Kota Cilegon juga telah dilakukan bersama dengan instansi pendidikan salah satunya ialah dengan SMK Fatahilah Cilegon yang telah melaksanakan workshop penyelarasan Dunia Kerja mengajar di SMK. Workshop tersebut melibatkan seluruh Guru dan staff Yayasan Fatahillah yang berjumlah lebih dari 70 orang. SMK Fatahilah merupakan salah satu institusi pendidikan yang terdekat dengan KRAKATAU POSCO, sehingga perusahaan selalu mendukung program-program yang dilakukan oleh sekolah tersebut, dan sebagian besar siswa yang bersekolah di SMK Fatahillah merupakan warga Cilegon, khususnya masyarakat yang berdomisili dari lingkungan sekitar perusahaan.

Dalam rangka program Corporate Social Responsibility (CSR) dan bentuk tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh KRAKATAU POSCO dalam dunia pendidikan, selain melakukan program pemagangan dari lulusan terbaik dari sekolah-sekolah yang berada di Kota Cilegon, perusahaan juga terlibat aktif melalui program-program pengembangan kompetensi bagi siswa/i di Kota Cilegon. Beberapa program yang telah dilaksanakan diantaranya,kelas inspirasi, perbaikan fasilitas pendidikan dan kolaborasi dengan beberapa sekolah untuk menyiapkan program kerja untuk rencana pengajaran di beberapa sekolah di Kota Cilegon, serta program K-Dream untuk pendidikan bahasa korea yang telah dilaksanakan di yayasan yatim piatu Maulana Hasanudin, Cilegon.

Pada tahun 2022 dan 2023 KRAKATAU POSCO telah bekerja sama dalam melakukan proses rekrutmen dan pelatihan penyiapan siswa untuk mengikuti program rekrutmen. Selanjutnya di tahun ini, PTKP berkomitmen untuk terus berpartisipasi aktif dalam program pengembangan kompetensi melalui industri mengajar, yang mulai dilakukan pada Agustus 2024.

Ruslan selaku Kepala Sekolah menyampaikan bahwa kolaborasi antara SMK Fatahilah dengan PTKP saat ini cukup baik, dengan program rekrutmen yang konsisten dalam 2 tahun terakhir, program persiapan rekrutmen serta komunikasi yang baik dengan pejabat di lingkungan PTKP, diharapkan kedepan PTKP dapat meningkatkan kerjasama dalam bentuk kolaborasi industri dalam proses belajar mengajar dan bersedia berkontribusi terhadap kebutuhan dunia pendidikan SMK Fatahilah khususnya untuk pengembangan kompetensi warga Cilegon pada umumnya.