Contact
© 2019 Krakatau Posco

article thumb

KRAKATAU POSCO Berhasil Peroleh Sertifikat IATF 16949:2016

KRAKATAU POSCO baru-baru ini berhasil mencapai prestasi yang signifikan dengan menyelesaikan proses sertifikasi untuk standar International Automotive Task Force (IATF) 16949:2016. Standar ini diakui secara global untuk sistem manajemen mutu di industri otomotif, dengan menerapkan persyaratan yang ketat dan praktik terbaik untuk memastikan kualitas yang konsisten, kepuasan pelanggan, dan peningkatan berkelanjutan. Hal ini menunjukkan komitmen teguh KRAKATAU POSCO terhadap sistem manajemen mutu tertinggi dan kepuasan pelanggan.

Proses audit dilakukan oleh Lloyd's Register Quality Assurance (LRQA), pada bulan Maret 2023 (audit kecukupan stage 1) dan Mei 2023 (audit lapangan stage 2). Hasil dari serangkaian proses audit tersebut, Perusahaan berhasil memperoleh sertifikasi IATF 16949:2016 dengan dikeluarkannya sertifikat tersebut secara resmi pada tanggal 27 Juni 2023. Hal ini menandai momen penting dalam perjalanan Perusahaan. Sertifikasi ini merupakan bukti dedikasi dan partisipasi aktif dari setiap departemen yang terlibat dalam mengatasi tantangan dan memenuhi persyaratan ketat standar IATF. Kelancaran dari proses audit ini adalah berkat dukungan dan peran aktif dari masing-masing departemen yang terlibat dalam menyelesaikan kendala yang dihadapi untuk memenuhi persyaratan IATF 16949:2016. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah proses persiapan dilakukan secara mandiri dengan waktu yang sangat terbatas yakni sekitar 5 (lima) bulan lamanya, dimana umumnya proses persiapan dilakukan sekitar 1 (satu) tahun dengan bantuan dari konsultan atau pihak luar. Di sinilah peranan person in charge (“PIC”) dari masing-masing departemen yang memainkan faktor penting untuk menciptakan kerja sama dan komunikasi yang baik.

Pencapaian ini mengukuhkan KRAKATAU POSCO sebagai Pabrik Baja bersertifikasi IATF 16949:2016 pertama di Indonesia dan memperkuat reputasi Perusahaan sebagai pemain yang handal dan fokus pada kualitas di industri baja otomotif. Selain itu, kesempatan untuk memasuki pasar otomotif akan semakin terbuka lebar sehingga KRAKATAU POSCO dapat memperluas peluang bisnis dan menjalin kemitraan dengan para pelaku industri terkemuka.

Keberhasilan sertifikasi ini merupakan hasil dari kerja keras dan dedikasi semua PIC yang terlibat. Komitmen yang teguh, kerja sama tim, dan pola pikir pengembangan yang berkelanjutan telah membuka jalan bagi peningkatan kualitas produk, integrasi rantai pasokan yang efisien, dan kepuasan pelanggan yang tinggi. Dengan sertifikasi IATF 16949:2016, KRAKATAU POSCO diposisikan untuk terus menjadi yang terbaik di industri baja otomotif, yang semakin memperkuat reputasi sebagai perusahaan yang dapat diandalkan dan berorientasi pada kualitas.