Contact
© 2019 Krakatau Posco

article thumb

Kontribusi KRAKATAU POSCO dalam Mendukung Konstruksi Baja Nasional Menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Rabu, 10 Juli 2024, KRAKATAU POSCO berpartisipasi dalam Seminar Nasional dan Pameran Rantai Pasok Konstruksi Baja yang diselenggarakan oleh Indonesian Society of Steel Construction (ISSC) bekerja sama dengan Kementerian PUPR. Acara ini diadakan di Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara, Jakarta. Pada acara ini, KRAKATAU POSCO dengan bangga membawakan tema peran strategisnya mendukung mega proyek pemerintah Indonesia. KRAKATAU POSCO menampilkan sampel produk unggulan, yaitu Steel Plate dan HRC, yang digunakan dalam proyek-proyek besar seperti pembangunan Istana Kepresidenan IKN dan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek 2.

Dalam pameran ini, KRAKATAU POSCO juga menyoroti nilai strategis Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari produk-produk KRAKATAU POSCO, yang sangat diperhitungkan untuk memenuhi standar tinggi dan berpartisipasi aktif dalam proyek-proyek nasional. Partisipasi KRAKATAU POSCO dalam acara ini juga menunjukkan peran penting KRAKATAU POSCO sebagai pemasok baja unggulan untuk konstruksi di Indonesia serta memperkokoh posisi KRAKATAU POSCO dalam industri baja nasional dan global.

Sebelum membuka kegiatan ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Dr. Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T menyatakan bahwa baja memiliki peran strategis dalam pembangunan infrastruktur nasional. Permintaan baja di Indonesia meningkat dalam beberapa tahun terakhir seiring dengan proyek-proyek besar seperti jalan tol, jembatan, pelabuhan, bandara, dan pembangunan IKN. Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan juga menyatakan bahwa pemerintah terus berupaya menciptakan iklim kondusif bagi industri baja dengan menyesuaikan kebijakan perdagangan dan memperkuat kerja sama internasional. Upaya ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan industri serta memastikan pasokan baja yang stabil.

Sebagai pemimpin industri, KRAKATAU POSCO berkomitmen penuh pada penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk meningkatkan kualitas industri baja nasional. KRAKATAU POSCO berkomitmen untuk memenuhi standar SNI dalam semua produk, serta mengutamakan TKDN untuk mendukung penggunaan produk lokal dalam proyek-proyek pemerintah.

Selain itu, KRAKATAU POSCO secara aktif berkolaborasi dengan produsen produk baja hilir untuk menyelaraskan penerapan SNI pada produk baja, baja paduan, dan turunannya. Melalui langkah-langkah ini, KRAKATAU POSCO telah berperan dalam pengembangan industri baja nasional, meningkatkan standar kualitas, dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal secara berkelanjutan.

Melalui kerja sama ini, diharapkan dapat menciptakan SDM yang unggul dan berkualitas serta membentuk calon pemimpin industri baja nasional di masa depan dari anak-anak daerah. Terjalinnya kolaborasi pada sektor pendidikan, sumber daya manusia, riset, dan teknologi menjadi bukti nyata upaya KRAKATAU POSCO dalam meningkatkan kualitas masyarakat dan pengembangan industri secara berkelanjutan untuk kemajuan Indonesia.