Contact
© 2019 Krakatau Posco

article thumb

Kembangkan SDM Industri, KRAKATAU POSCO Lakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Dalam rangka meningkatkan sinergi antara industri dan instiusi pendidikan serta mempererat jalinan kerja sama, KRAKATAU POSCO bersama dengan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam rangka implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Rabu, 8 Mei 2024 yang dihadiri oleh Direktur HR & GA Dicky Mardiana, Direktur Technology and Business Development(TBD) Alhadis Syamsuddin, beserta jajaran, serta Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Prof. Dr. Ir. H Fatah Sulaiman, S.T., M.T., beserta jajaran, bertempat di gedung rektorat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Kolaborasi ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama antara perguruan tinggi dengan pelaku industri untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas. Kerja sama ini diharapkan dapat membentuk anak-anak daerah untuk memiliki daya saing yang tinggi dan siap menjadi calon pemimpin industri baja nasional di masa depan.

Kerja sama yang terjalin menekankan pada beberapa ruang lingkup diantaranya, pelaksanaan kegiatan yang bersifat sharing knowledge, kuliah umum, workshop atau training, pelaksanaan program magang, program rekrutmen melalui campus hiring dan job fair, serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dicky Mardiana juga menyampaikan bahwa saat ini tercatat sekitar 62 alumni Untirta telah memberikan kemampuan terbaiknya yang menapaki langkah awal mereka dengan berhasil menempati posisi sebagai leader di KRAKATAU POSCO.

"Dengan adanya kolaborasi yang baik bersama universitas terutama yang berada terdekat dengan kami, maka akan memberikan pengaruh pada kualitas sumber daya manusia serta capaian-capaian universitas nantinya. Hal ini terbukti kurang lebih 62 alumni Untirta sudah tercatat sebagai leader di KRAKATAU POSCO, harapan kami kedepannya akan lebih banyak lagi leader-leader di masa mendatang yang lahir dari Untirta," ungkap Dicky Madiana.

Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Fatah Sulaiman mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kepercayaan pihak industri untuk bersama-sama meningkatkan kualitas SDM yang lebih unggul dimasa yang akan datang.

“Kami sangat berterima kasih kepada KRAKATAU POSCO atas kesempatan yang luar biasa ini, kerja sama yang kita lakukan diharapkan dapat mengembangkan kegiatan implementasi kerja sama di masa yang akan datang, dan pembangunan yang lebih baik dalam hal kurikulum dan pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), serta implementasi kerja sama secara berkelanjutan,” ujar Fatah Sulaiman.

Kerja sama antara KRAKATAU POSCO dan Untirta dalam bidang riset dan penelitian telah dilakukan pertama kali pada tahun 2018 dengan melakukan uji tekan paving block di Laboratorium dengan menggunakan bahan baku beton bersama dengan Program Studi Teknik Sipil Untirta dan di tahun 2021 melakukan penelitian untuk pemanfaatan slag sebagai material yang ramah lingkungan.

Melalui kerja sama ini, diharapkan dapat menciptakan SDM yang unggul dan berkualitas serta membentuk calon pemimpin industri baja nasional di masa depan dari anak-anak daerah. Terjalinnya kolaborasi pada sektor pendidikan, sumber daya manusia, riset, dan teknologi menjadi bukti nyata upaya KRAKATAU POSCO dalam meningkatkan kualitas masyarakat dan pengembangan industri secara berkelanjutan untuk kemajuan Provinsi Banten dan Indonesia.