Career | Contact
© 2019 Krakatau Posco

article thumb

Dukungan KRAKATAU POSCO Terhadap Program Pemerintah Kota Cilegon dalam KRAKATAU POSCO The Hero Award 2021, KRAKATAU POSCO Apprentice Program 2022, dan Program Beasiswa

Pada Kamis, 31 Maret 2022, pertemuan antara Presiden Direktur KRAKATAU POSCO, Kim Kwang Moo dengan Walikota Cilegon, Helldy Agustian diselenggarakan di Ruang Pertemuan Kantor Pemerintah Kota Cilegon untuk membahas beberapa program yang akan dilaksanakan dan pemberian penghargaan kepada warga Kota Cilegon dan sekitarnya yang telah memberikan inspirasi positif pada masyarakat. Seluruh rangkaian kegiatan yang dirangkum pada pertemuan kali ini merupakan bentuk dari dukungan Perusahaan terhadap program-program yang telah dicanangkan oleh Walikota Cilegon bagi masyarakat industri demi maju dan tumbuh bersama secara beriringan.

Pada kesempatan kali ini, Kim Kwang Moo menyampaikan rasa terima kasihnya yang besar kepada Helldy Agustian selaku tuan rumah atas waktu dan tempat yang diberikan demi kenyamanan bersama selama pertemuan berlangsung. Kim Kwang Moo juga memaparkan secara terperinci terkait kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari ini di hadapan Pemerintah Kota Cilegon. Ia mengatakan bahwa seluruh kegiatan ini tentunya didasari dari salah satu pilar Corporate Citizenship yakni “Society with KRAKATAU POSCO” yang memiliki makna penting bagi Perusahaan.

“Dalam menjalankan operasinya, KRAKATAU POSCO berpegang pada filosofi ‘Corporate Citizenship’ yang dilaksanakan dengan nilai empati dan perhatian yang memungkinkan semua pemangku kepentingan dalam masyarakat untuk hidup berdampingan bersama dengan erat dan bersinergi secara baik, serta berkontribusi untuk membuat dunia yang dengan masa depan yang lebih baik,” paparnya.

Mengawali tahun 2022 dengan harapan optimis akan pemulihan dunia, serta sejalan dengan Program Pemerintah Indonesia dan Walikota Cilegon yakni dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang sangat baik dan kompetitif di pasar tenaga kerja melalui program magang bersertifikasi yang telah dilakukan oleh perusahaan terkemuka, KRAKATAU POSCO membuka peluang bagi 100 generasi muda Cilegon sebagai peserta magang untuk mendapat pelatihan serta bekal ilmu dari Perusahaan. Program telah dirancang sedemikian rupa agar tetap terjaga protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 serta terjaga pula keamanan dan keselamatan kerja di area Pabrik Baja Terpadu KRAKATAU POSCO.

Tak hanya program magang, tahun ini, bekerjasama dengan POSCO Group, KRAKATAU POSCO membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi para mahasiswa berprestasi untuk mendapatkan beasiswa  baik untuk jenjang S2, S3 dari TJ Park Foundation, serta pertukaran pelajar untuk mahasiswa S1 aktif dalam Program Global Young Leaders dari POSTECH. Pemerintah Cilegon dalam program ini dapat memberikan dukungan untuk para mahasiswa berprestasi asal Kota Cilegon agar dapat mengikuti proses seleksi dengan memberikan rekomendasi kepada para mahasiswa ini. Perusahaan akan berusaha membuka kesempatan yang lebih besar bagi mahasiswa dari Kota Cilegon untuk dapat meraih kesempatan ini.

Selain itu, pada hari ini pula, pemberian penghargaan kepada para sosok inspiratif dalam Program KRAKATAU POSCO The Hero 2021 juga turut dilaksanakan. Adapun Program The Hero merupakan salah satu bentuk penerapan pilar pada Corporate Citizenship dengan mengangkat kisah para sosok inspiratif dari masyarakat untuk kemudian diharapkan dapat menjadi contoh yang baik bagi para generasi penerus untuk berkarya terutama bagi Kota Cilegon dan sekitarnya. Ide, gagasan, kreativitas, hingga usaha yang tak main-main menguras energi, pikiran, bahkan air mata pada perjalanannya dituangkan dalam sebuah bentuk tulisan untuk dapat memberikan wawasan baru, memotivasi yang membacanya untuk bergerak maju dan mengembangkan nilai kebermanfaatan diri untuk lingkungan sekitarnya pada khususnya.

Penghargaan pada hari ini diberikan kepada tiga orang sosok pada tiga bidang yang telah ditetapkan. Penghargaan pada bidang Social diberikan kepada Arip, seorang Guru yang juga merupakan pegiat lingkungan khususnya pada hal ini terfokus pada kehidupan biota laut dan konservasi terumbu karang buatan untuk pelestarian kehidupan laut dan pesisir. Perhatiannya terhadap kehidupan bawah laut kemudian mendorong dirinya untuk mengajak seluruh masyarakat pesisir terutama di daerah Desa Sukarame, Carita untuk bersama-sama turut menjaga dan melestarikan lingkungan. Pada bidang Education, penghargaan diberikan kepada Abdul Mukti, seorang pemuda penyandang tuna netra yang semangatnya dalam belajar dan mengajar memberikan efek luar biasa bagi lingkungannya. Keterbatasannya tak menghentikan langkahnya dan prestasi banyak diraihnya. Para orangtua dari anak-anak di lingkungannya memberikan kepercayaan padanya untuk dapat mengajarkan anak-anaknya, membuktikan kapabilitasnya sebagai pengajar tak diragukan lagi. Berkuliah untuk kemudian dapat berkontribusi pada penyandang disabilitas yang lain agar melek teknologi juga ia jalani, memotivasi mereka untuk tetap berkarya dan tidak larut pada kecewa karena keadaan. Sosok terakhir yakni Nur Agis Aulia yang memperoleh penghargaan pada bidang Entrepreneurship, yang dikenal dengan sebutan Petani Milenial. Agis membangun usaha pertamanya yang diberi nama Waringin Farm di tahun 2014 di atas bidang tanah seluas 2.000 meter yang ia sewa menggunakan tabungan yang ia sisihkan sejak masih duduk di bangku kuliah. Jatuh bangun mendirikan Waringin Farm kemudian berbuah manis dengan segala usahanya yang terorganisir dan strategi yang matang. Kini Waringin Farm berubah nama menjadi Jawara Farm bahkan telah memiliki jaringan yang sangat luas hingga ke beberapa kota di Indonesia.

Penghargaan diberikan oleh Walikota Cilegon kepada tiga sosok The Hero dan harapan pun tercipta agar tiga sosok ini dapat terus berkarya untuk menginspirasi bangsa menjadi sumber daya manusia yang unggul dan memajukan negara.